Tuesday

7 Cara Menghilangkan Bau Badan Berlebih dan Menyengat

Cara Menghilangkan Bau Badan Berlebih dan Menyengat
Cara Menghilangkan Bau Badan Berlebih dan Menyengat

Masalah bau badan menjadi permasalahan yang cukup sulit diatasi bagi kita yang banyak melakukan aktivitas fisik. Apalagi jika bekerja di lapangan dibawah terik matahari, uh pasti deh bau keringat dan ketiak berpadu menjadi bau tak sedap yang sangat menjengkelkan.

Meski sudah pakai bedak BB atau deodoran pun terkadang masalah bau badan tak kunjung juga bisa teratasi. Beruntung bagi mereka yang bau badannya tidak begitu masam dan cukup terkendali. Apa yang harus dilakukan agar bau badan tidak sedap bisa tertangani? Nah, simak yuk cara menghilangkan bau badan menyengat berikut ini.

1. Rajin mandi dan membersihkan diri minimal 2 kali sehari.


Sudah mandi 2 kali sehari kok masih bau badan ya? Ingat lagi deh, kamu mandinya bersih nggak? Atau kamu malah asal mandi dan pakai sabun aja udah merasa sudah cukup? Coba deh mandinya itu benar-benar bersih. Semua anggota tubuh benar-benar terkena sabun terutama pada daerah lipatan seperti ketiak dan tengkuk. Terkadang karena diburu waktu mandi pun menjadi tidak maksimal dan asal-asalan. 

2. Gunakan sabun antiseptic.


Kalau kamu sedang mengalami masalah bau badan, mending hindari dulu pakai sabun kecantikan yang wangi itu. Sebaiknya gunakan sabun yang mengandung antiseptic yang bisa membunuh kuman, termasuk kuman penyebab bau badan. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, sabun antiseptic lebih ampuh dan efektif mengatasi masalah bau badan ketimbang sabun kecantikan. Sekarang pun saya sangat jarang memakai sabun kecantikan yang wanginya semerbak saat mandi. O iya, nggak semua sabun anti kuman juga yang benar-benar bisa menjaga bau badan segar lebih lama, jadi kamu harus coba sendiri mana sabun anti kuman yang bisa mengatasi masalah bau badan kamu. Kalau aku sih, Dettol.

3. Wajib pakai deodorant.


Iya lah ya, udah bau badan masa nggak pakai deo sih? Namun, kamu juga harus bisa menemukan deodorant yang juga bisa memberikan wangi dan kesegaran lebih lama. Tidak semua deodorant juga yang cocok dan bisa mengendalikan bau badan, berdasarkan pengalaman juga ini. Ada beberapa produk deodoran yang cukup ampuh mengontrol bau badan dan ada juga yang tidak. Jadi harus bereksperimen sendiri ya untuk menemukan produk deodoran yang cocok. Mau bocoran lagi? Kalau aku merek Enchanteur Whitening Roll on Deodorant dan Nivea.

4. Rajin luluran minimal 1 kali seminggu.


Luluran akan mengangkat sel kulit mati dan daki yang menempel pada kulit. Sehingga sel kulit mati yang terangkat membuat kulit menjadi lebih bersih dan bisa meminimalisir bau badan karena campuran keringat, kuman dan daki. Lulur juga mengandung wewangian yang juga bisa membuat aroma tubuh lebih wangi dan sedap. Pilihlah lulur yang benar-benar bisa mengangkat daki dengan baik. Jangan lewatkan daerah lipatan-lipatan tubuh saat luluran ya.

5. Rutin menghilangkan bulu ketiak.


Bulu ketiak yang panjang juga bisa menyebabkan bau badan jadi berlebihan loh. Oleh karena itu rutinlah mencukur, mencabut atau waxing bulu ketiak dengan cara yang paling nyaman aja buat kamu. Yang terpenting jangan biarkan bulu ketiak tumbuh panjang.

6. Rajin minum jamu.


Salah satu khasiat jamu adalah bisa menghilangkan masalah bau badan berlebih dan membuat tubuh menjadi lebih sedap wanginya. Jadi rutinlah minum jamu agar masalah bau badan bisa berkurang. Namun hati-hati bagi meminum jamu bagi yang belum menikah, konon katanya bisa menyulitkan wanita untuk hamil.

7. Minum rebusan air daun sirih.


Selain jamu yang cukup repot membuatnya, ada juga daun sirih yang lebih gampang digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan berlebihan. Cukup dengan meminum rebusan air daun sirih 1 kali seminggu aja. Tapi sama dengan jamu, daun sirih katanya tidak dianjurkan untuk wanita yang belum memiliki anak.

Jadi, demikianlah 7 cara menghilangkan bau badan versi saya yang sebagian berdasarkan pengalaman. Loh, parfum kok nggak masuk? Bagi saya parfum adalah wewangian yang memberikan arom pada tubuh, namun tidak bisa menghilangkan bau badan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

7 Cara Menghilangkan Bau Badan Berlebih dan Menyengat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.