Tuesday

Salah Memasukkan Nomor Rekening Saat Transfer Antar Bank?

Transfer Antar Bank Mandiri Tapi Malah Input Rekening Bank Lain?

Semakin hari sepertinya transaksi antar bank semakin meningkat ya. Karena saat ini kita sudah berada di zaman serba digital yang mana segala urusan keuangan bisa diakses dengan mudah dari mana saja dan kapan saja. Belanja berbagai keperluan mulai dari barang kebutuhan sehari-hari, fashion, perlengkapan rumah tangga hingga urusan bayar-membayar tagihan bukanlah hal yang sulit lagi.

Cara yang umum digunakan untuk membayar tagihan tersebut umumnya bisa menggunakan e-wallet, internet banking, sms banking, ATM, dan berbagai sarana yang memfasilitasinya. Yang namanya transaksi, pasti nih ada yang mengalami sedikit kendala karena kelalaian ataupun masalah teknis lainnya. Nah berikut saya mau share sedikit pengalaman transfer antar bank Mandiri tapi malah input rekening bank lain yang cukup membuat deg-degan karena hilangnya konsentrasi saat berada di dalam ATM.

Baca juga :

Transfer Antar Bank Mandiri Tapi Malah Memasukkan Rekening Bank Lain?


Ini kejadian sewaktu saya hendak membayar tagihan belanja yang saya beli secara online via website. Nomor rekeningnya bukan rekening perusahaan marketplace seperti Lazada, Bukalapak, Shoope atau yang lainnya ya, tapi rekening atas nama perorangan.

Jadi ceritanya, saya melakukan pembayaran via transfer ATM. Karna saya pengguna ATM Mandiri, jadi saya memilih transfer ke nomor rekening bank Mandiri millik si penjual juga. Disini saya lengah, saat memilih menu di mesin ATM 'transfer ke Mandiri' saya justru malah memasukkan nomor rekening bank BRI milik si penjual. Kenapa bisa lengah? Karena si penjual memiliki beberapa nomor rekening bank yang berbeda dan ditampilkan berurutan. Sementara nomor rekening bank Mandiri dan BRI berdekatan, jadilah saya input nomor rekening BRI tersebut. Apa yang terjadi?

Selanjutnya saya memasukkan nominal transfer senilai total belanjaan saya. Tampillah informasi transfer di layar mesin ATM. Saya berfokus pada nama pemilik nomor rekening dan jumlah transferan, semuanya benar. Berhasilkah transaksinya? Ya berhasil.

Baca juga :

Sesampainya dirumah dan cek email, barulah saya sadar bahwa nomor rekening yang saya masukkan adalah rekening BRI. Saya jadi ingat, setahu saya, transfer ke bank yang berbeda pilihan menunya beda lagi. Sebelum memasukkan nomor rekening tujuan, kita juga harus memasukkan kode bank tujuan. Lha ini? Pilihan menunya transfer ke Mandiri tapi kok saya masukkan nomor rekening BRI?
Pengalaman pertama jadi saya sedikit panik, tapi tetap positive thinking dong.

Karna struk dari mesin ATM tidak keluar, jadi saya tidak memiliki bukti jika ternyata pembayaran saya belum diterima. Akhirnya saya cek mutasi via SMS Banking, ternyata memang ada transaksi sesuai nominal yang saya transfer. Pengen hubungin CS penjualnya tapi jam kerjanya udah habis. Berselang 1 jam kemudian saya mendapat email pemberitahuan perihal pembayaran saya yang telah diterima. Alhamdulillah saya lega.

Ya, semoga saja pengalaman saya ini bisa menjadi pencerahan bagi Anda yang mungkin juga mengalami permasalah seperti saya ini. Semoga bermanfaat ya.


EmoticonEmoticon