Trauma Investasi Bodong? Pilih 7 Investasi Aman Minim Risiko Ini!

Investasi Aman Minim Risiko
Sumber: kaskus.co.id

Semakin besar risiko investasi, maka semakin besar pula keuntungan yang di dapat. Hal inilah yang menjadikan kaum milenial tergiur untuk berinvestasi, baik jangka panjang atau jangka pendek.

Terlebih seperti sekarang ini, banyak investasi yang ditawarkan dengan iming-iming menggiurkan. Sayangnya, minimnya pengetahuan tentang cara berinvestasi yang aman membuat banyak orang terseret investasi bodong.

Bukan keuntungan didapat, tapi malah kerugian materil besar-besaran yang meninggalkan trauma dan ketakutan untuk kembali berinvestasi. Jika Anda salah satu dari sekian banyak korban investasi bodong, kini sudah saatnya mengubur pengalaman pahit tersebut.

Berkonsultasilah pada Financial Planner terpercaya dan bersertifikat. Salah satunya dengan memilih aplikasi ‘Finansialku’ yang bisa diunduh di Google Play Store.

Yang dibisa dilakukan agar terhindar dari investasi bodong adalah dengan memilih produk investasi yang aman. Saat ini beragam model investasi menggiurkan memang banyak ditawarkan.

Karena itu pula Anda harus cerdas dalam memilih produk investasi yang aman. Jika Anda bisa mengelola instrumen dengan tepat, keuntungan dalam berinvestasi bisa Anda dapatkan.

Berikut adalah beberapa investasi yang aman di Indonesia yang bisa Anda pilih untuk mulai berinvestasi kembali.

1. Investasi Pendapatan

obligasi
Sumber: swara.tunaiku.com

Investasi pendapatan merupakan jenis investasi jangka panjang dengan risiko kecil. Dimana tingkat keuntungan dipengaruhi oleh kondisi perekonomian yang dapat berubah-ubah. Investasi berupa obligasi ini akan memberikan Anda keuntungan setiap bulannya.

Namun, satu hal yang harus Anda perhatikan adalah memilih perusahaan dalam kondisi sehat alias tidak diambang kebangkrutan. Pilihlah perusahaan yang sebelumnya sudah melakukan kerjasama dengan baik agar sebagai investor Anda tidak merugi.

2. Investasi Uang Tunai

Investasi Uang dengan Tunai
Sumber: review.bukalapak.com

Ini merupakan salah satu investasi yang banyak digunakan masyarakat meski keuntungannya yang didapat tidak begitu besar. Risiko kerugiannya sangat kecil sehingga Anda tidak perlu khawatir menyisihkan sebagian pendapatan untuk berinvestasi.

Keuntungan investasi yang didapat perbulan bisa dicek dengan mudah dan berlangsung dalam jangka panjang. Investasi sangat menjanjikan dan aman karena mirip dengan reksa dana, tabungan dan deposito.

3. Investasi Reksa Dana

Reksa Dana
Sumber: riaumandiri.co

Anda yang baru mulai berinvestasi akan cocok untuk memilih investasi reksa dana ini. Cukup dengan uang ratusan ribu rupiah saja Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan jangka panjang. Keuntungan disesuaikan dengan besar kecilnya setoran awal yang diberikan namun kecil risiko.

Dana investasi dikumpulkan dan dipegang oleh seorang manajer investasi terpercaya sehingga uang Anda akan aman. Mudah dan praktis, cocok sekali untuk kaum milenial yang kini mulai cerdas memikirkan moda untuk masa depan.

4. Investasi Deposito

Investasi Deposito
Sumber: femina.co.id

Investasi aman yang bisa Anda pilih sebagai perencanaan keuangan masa depan adalah deposito. Mirip dengan reksa dana, besarnya dana yang Anda depositokan di awal mempengaruhi tingkat keuntungan yang diperoleh.

Jika setoran awal Anda kecil, maka keuntungan yang didapat pun kecil. Investasi jangka panjang ini aman karena dipegang oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LSM) jadi sangat aman.

Bahkan bisa dibilang investasi deposito hampir tidak memiliki risiko. Hanya saja kelemahannya berada pada jangka waktunya yang lama.

5. Investasi Emas

Investasi Emas
Sumber: koinworks.com

Investasi aman yang mudah dan menguntungkan adalah dengan menabung emas. Harga emas yang relatif stabil bisa Anda dapatkan dengan harga yang beragam, bisa berupa emas batangan atau dalam bentuk perhiasan.

Emas ini bisa Anda beli kapan saja saat dana tersedia. Simpanan emas ini bisa Anda jual lagi saat harga emas naik sehingga Anda akan memperoleh keuntungan yang bisa dibilang cukup besar. Keuntungannya pun bisa Anda peroleh dalam jangka waktu panjang atau pun pendek.


6. Investasi Aset

Investasi Properti
Sumber: rumahsyari123.com

Investasi aset jangka panjang boleh dibilang memiliki keuntungan yang menjanjikan dan aman. Aset yang digunakan biasanya berupa emas, properti, tanah, perak atau emas. Keuntungan yang didapat tentu sesuai pula dengan aset yang Anda punya.

Jika Anda memiliki aset berupa properti, keuntungannya sangat besar jika Anda bisa mengelolanya dengan baik. Seperti menyewakan apartemen, kos-kosan, atau kontrakan yang keuntungannya bisa Anda peroleh bulanan hingga tahunan.

7. Investasi Saham

Investasi Saham
Sumber: solopos.com

Investasi yang banyak diminati dan aman adalah investasi saham, dimana Anda memiliki hak dari keuntungan perusahaan sesuai besar kecilnya modal yang Anda tanamkan. Menanam saham sebagai investasi memang bagus dan peluang keuntungannya besar namun risikonya juga besar.

Pilih Investasi yang Aman Sesuai dengan Kemampuan Finansial

Investasi aman
Sumber: gandengtangan.co.id

Untuk memulai investasi tidak harus dengan modal besar mulailah berinvestasi dengan produk yang terjangkau sesuai kemampuan finansial Anda saat ini. Lawan trauma masa lalu Anda dengan memilih investasi aman dan minim risiko. Jangan takut berinvestasi karena ini akan menjadi langkah awal untuk kesejahteraan finansial keluarga Anda di masa depan.

Previous
Next Post »