4 Fintech Pinjaman Online Terpercaya Terdaftar OJK Cepat Cair

Pinjaman Online Terpercaya Terdaftar OJK
Sumber: cashcashpro.id

Belakangan ini pinjaman online yang ditawarkan di dunia maya sangatlah banyak. Hanya melalui sebuah aplikasi, masyarakat yang membutuhkan uang mendadak bisa mendapatkan pinjaman tunai dalam satu hari saja.

Apa Itu Fintech?

Apa Itu Fintech?
Sumber: economy.okezone.com

Fintech yang merupakan singkatan dari financial technology saat ini menjadi startup yang sedang berkembang pesat. Ditujukan untuk semua segmen yang berkaitan dengan keuangan berbasis teknologi.

Salah satunya dalam bidang pinjaman online yang menawarkan syarat mudah dan pencairan cepat. Tak tanggung-tanggung, aplikasi pinjaman online saat ini jumlahnya mencapai ratusan. Dan tidak semua yang terdaftar di OJK alias ilegal.

Kelemahan Pinjaman Online

Kelemahan Pinjaman Online
Sumber: Kumparan.com

Kemudahan yang ditawarkan berbagai aplikasi pinjaman online akan membuat banyak orang terlena untuk meminjam. Bahkan tidak hanya untuk kebutuhan yang mendesak saja, tapi juga untuk penggunaan konsumtif yang pada akhirnya tanpa disadari memperbanyak jumlah hutang.

Namun, perlu diingat pula bahwa pinjaman online yang prosesnya sangat mudah ini juga memiliki kelemahan jika tidak pandai memanfaatkannya dengan baik. Apa saja kelemahan 'pinjol' ini?

  > Cara Penagihan yang Kurang Pantas

Cara Penagihan yang Kurang Pantas
Sumber: lifepal.co.id
Sayangnya, banyak korban yang mulai berjatuhan saat tak mampu membayar pinjaman online yang sudah jatuh tempo. Di mana korban ditagih dengan cara yang kurang pantas seperti meneror dan mempermalukan korbannya dengan berbagai cara.

Cara penagihan yang kurang layak ini tentu jadi kelemahan 'pinjol' yang membuat kita harus berpikir seribu kali untuk meminjam. Jika tidak dalam keadaan terdesak tentu sebaiknya tidak usah meminjam.

Berbagai kasus pun terkait pinjaman online pun tentu sudah  sering kita dengar. Bukan tak mungkin pula ada orang terdekat kita yang menjadi salah satu korban pinjaman online ini.

Kita pun pasti sudah tahu seperti apa penagihan yang dilakukan kolektor pinjaman online hingga membuat peminjam menjadi trauma, stres, ketakutan hingga ada sampai harus kehilangan pekerjaan karena penagihan yang kurang pantas ini.

  > Tenor yang Singkat

tenor yang singkat
Sumber: julo.co.id

Kelemahan pinjaman online dana instan lainnya yang perlu diperhatikan adalah tenor yang singkat. Jangka waktu yang diberikan rata-rata 21-30 hari, bahkan ada yang 7 hari saja. Jadi sebelum meminjam, pikirkan apakah uangnya akan bisa dikembalikan sebelum jatuh tempo pembayaran datang.

  > Denda Keterlambatan Terbilang Besar

Denda Keterlambatan Terbilang Besar
Sumber: mediakonsumen.com

Satu lagi yang jadi kelemahan pinjaman online dan harus diperhatikan adalah denda keterlambatan. Rata-rata pinjaman online menghitung denda berdasarkan bunga harian yang diberlakukan. Bunga-bunga ini tidak bisa dibilang kecil lho untuk pinjaman jangka pendek ini.

  > Limit Pinjaman Kecil

Limit Pinjaman Kecil
Sumber: teknologi.id

Kelemahan pinjaman online berikutnya adalah limit pinjaman kecil sehingga bagi yang membutuhkan pinjaman jumlah besar tidak akan bisa mendapatkan cukup pinjaman.

Bahkan ada aplikasi yang memberikan limit pinjaman awal hanya sebesar 300 ribu rupiah saja. Tapi, limit ini lama-lama akan meningkat seiring banyaknya riwayat pinjaman yang dibayarkan tepat waktu.

  > Bunga Pinjaman Cukup Besar

Bunga Pinjaman Cukup Besar

Untuk pinjaman yang tenor pendek ini bunganya terbilang besar lho. Untuk pinjaman yang tenornya hanya 20 harian saja bunganya bisa mencapai 100 ribu rupiah. Makin besar pinjaman, ya makin besar pula bunga yang harus dibayarkan.

  > Keamanan Data Dipertaruhkan

Keamanan Data Dipertaruhkan
Sumber: androidcountry.site

Kelemahan pinjaman online yang paling penting sekali adalah keamanan data kita. Tidak hanya karena kasus-kasus yang pernah ada di mana data korban diambil untuk dipermalukan atau di teror.

Tapi sebagian orang yang ahli ada yang bisa melihat data peminjam tersebut. Biasanya data yang tidak terjamin keamanannya ini jika ada pada fintech ilegal yang tidak diawasi oleh OJK.

Kelebihan Pinjaman Online

Kelebihan Pinjaman Online
Sumber: ccofministry.org

Dibalik kelemahan tentu ada kelebihan dari pinjaman online ini. Dimana sebagian masyarakat ada yang merasa sangat terbantu dengan kehadiran aplikasi fintech pemberi pinjaman ini.

Syarat yang mudah berupa KTP dan beberapa informasi valid lainnya, dalam satu hari dana bisa cair. Jadi solusi yang sangat membatu bagi mereka yang betul-betul butuh dana dadakan.

Review 4 Fintech Pinjaman Online Cepat Cair

Review 4 Fintech Pinjaman Online Terpercaya Terdaftar OJK Cepat Cair
Sumber: makassar.tribunnews.com

Penulis pun, juga turut menjadi peminjam pinjol karena keterpaksaan. Dan benar pinjaman online ini sangat membantu saat kepepet dan membutuhkan dana cepat dalam waktu singkat.

Penulis pun sudah pernah beberapa kali meminjam pada 4 aplikasi fintech yang ada di Google Play Store. Dan tentunya sebelum meminjam penulis juga memilih aplikasi yang sudah terdaftar OJK agar data yang diberikan sebagai jaminan lebih aman.

Apa saja aplikasi yang penulis gunakan dan sejauh ini aman tanpa masalah? Yuk, cek reviewnya!

1. Kredit Pintar

Kredit Pintar pinjaman tanpa agunan

Kredit Pintar adalah aplikasi pinjaman pertama yang penulis gunakan beberapa bulan lalu. Aplikasi ini memberikan pinjaman yang cair hanya sekitar 5-10 menit setelah aplikasi diajukan.

Tentunya bagi yang aplikasi disetujui dan telah memiliki limit kredit ya, dan pengajuan pinjaman dilakukan pada hari dan jam kerja.

Pada awal meminjam limit yang didapat hanyalah 600 ribu rupiah dengan tenor 21 hari. Namun, pada pinjaman berikutnya tenor akan semakin panjang dan limit pun bisa bertambah. Tentunya dengan syarat skor kredit baik tanpa telat melakukan pembayaran.

2. UangMe

Uangme pinjaman online cepat cair

Aplikasi yang juga pernah penulis coba untuk meminjam adalah Uang Me. Pinjaman yang diberikan aplikasi ini juga cepat cair, hanya dalam hitungan menit kok.

Bahkan dana juga langsung cair diluar jam kerja. Seperti saat penulis mengajukan pinjaman malam hari, tanpa diduga ternyata dana sudah langsung dikirimkan pada malam itu juga.

Limit kredit awal uang me ini 400 ribu rupiah dan akan terus meningkat jika peminjam membayar pinjamannya tepat waktu. Begitu juga dengan tenor yang akan semakin panjang sering bertambahnya skor kredit.

3. Akulaku

Akulaku pinjaman online cepat cair

Akulaku salah satu fintech yang tidak hanya memberikan pinjaman instan alias KTA kilat. Tapi juga menjadi aplikasi jual beli marketplace yang menawarkan produk dengan cicilan bulanan. Syarat dan prosesnya juga mudah, sama seperti aplikasi lainnya.

Limit  kredit awal juga rendah dengan tenor hitungan hari dan akan meningkat seiring hitungan kredit. Limit kredit Akulaku juga bisa kita gunakan untuk membeli produk secara cicilan pada marketplace lain seperti Lazada, Shopee, Tokopedia, Blibli dan yang lainnya. Dana yang dipinjam pun akan cari dalam satu hari.

4. Kredinesia

Kredinesia pinjaman online cepat cair

Terakhir adalah Kredinesia. Untuk aplikasi ini terbilang lama dari pada yang lainnya. Status pinjaman yang disetujui atau tidak butuh proses selama 2 hari, bahkan ada yang mengatakan lebih hingga satu minggu.

Begitu juga dengan pencairan dana yang terkadang bisa cair dalam hari yang sama setelah pinjaman disetujui. Namun ada pula yang harus kembali menunggu hingga beberapa hari.

Tapi, menurut salah satu peminjam dari Kredinesia ini, penagihan jika telah lewat tempo terbilang baik dan yang menelpon pun juga ramah. Mau mendengarkan alasan dan sebab peminjam telah melakukan pembayaran.

Bahkan menurut peminjam yang telat bayar, ia diberikan tambahan waktu beberapa hari untuk melakukan pelunasan. Itulah pengalaman penulis saat meminjam ke 4 aplikasi pinjaman online ini. Semoga ulasan dan pengalaman ini bisa bermanfaat ya.

Dan semoga kita semua terbebas dari hutang piutang dan riba yang sangat dilarang dalam Islam. Tidak ada alasan lain bagi kita untuk meminjam selain karena kebutuhan dan berada dalam posisi terdesak keuangan. Namun, sebisa mungkin upayakanlah untuk hidup tanpa riba.
Previous
Next Post »