Ketahui 7 Penyebab Jerawat di Dagu untuk Mencegah Tumbuhnya Jerawat

penyebab jerawat di dagu
Sumber : dailyvanity.sg

Dagu salah satu tempat yang sering ditumbuhi jerawat dan bisa dialami oleh siapa saja. Mau jerawat di dagu atau jerawat di tempat lainnya tetap saja menjengkelkan. Jerawat yang meradang akan menimbulkan rasa nyeri sekaligus merusak penampilan.

Penyebab jerawat umumnya karena kebersihan kulit wajah yang tidak terjaga. Wajah yang kotor, berminyak, terkena polusi dan terkontaminasi oleh kuman dan bakteri jadi tempat yang pas bagi jerawat untuk tumbuh.

Karena itu pula, hindarilah memegang wajah saat tangan tidak tidak bersih. Dalam sehari kita banyak memegang benda-benda yang terlihat bersih namun mengandung kuman yang pindah ke tangan. Bakteri yang ikut menempel pada tangan ini juga bisa menyebabkan jerawat lho.

Nah, kamu yang dagunya seringkali jadi langganan tumbuhnya jerawat, simak beberapa penyebab jerawat di dagu berikut ini ya! Dengan mengetahui penyebabnya kamu bisa melakukan pencegahan agar dagu bebas jerawat.

1. Pori-pori Kulit Wajah Kotor dan Tersumbat

Sumber: lifealth.com

Tumbuhnya jerawat di dagu bisa disebabkan oleh pori-pori yang tersumbat karena kotoran dan minyak serta sel kulit mati. Karena itu, kita harus rajin membersihkan kulit wajah, minimal 2 kali sehari dengan cara mencuci muka.

Gunakan sabun pencuci wajah sesuai dengan jenis kulit. Untuk kamu yang kulitnya jerawatan, gunakanlah cleanser anti acne agar jerawat bisa segera sembuh. Yang penting, jangan biarkan wajah kotor ya!

2. Meningkatnya Hormon Androgen

Meningkatnya Hormon Androgen
Sumber: health.detik.co

Hormon androgen adalah hormon yang berkaitan degan organ reproduksi pria, namun hormon ini juga dimiliki wanita dalam jumlah yang lebih sedikit dibanding pria. Hormon ini dapat jadi penyebab jerawat di dagu jika kadarnya meningkat.

Hormon ini bisa meningkat saat masa pubertas, pada wanita hormon androgen ini meningkat saat masuk dalam masa menstruasi, terjadinya ketidakseimbangan hormon dan wanita yang mengalami PCOS (polycystic ovary syndrome).

Saat kadar hormon androgen ini meningkat, maka produksi minyak pada wajah ikut meningkat. Pada akhirnya sebum yang berlebihan menyumbat pori-pori wajah. Cara mengatasinya cukup dengan rutin mencuci wajah dengan produk yang bisa mengontrol minyak wajah.

3. Rambut Tumbuh ke Dalam

Rambut Tumbuh ke Dalam
Sumber: beardoholic.com

Penyebab jerawat di dagu pada pria umumnya disebabkan oleh kebiasaan mencukur jenggot. Saat rambut tumbuh kembali, ada risiko rambut tumbuh ke dalam atau ke bawah lapisan kulit sehingga menyebabkan kulit meradang dan membenjol layaknya jerawat.

4. Terkontaminasi Bakteri

Kulit Wajah Terkontaminasi Bakteri
Sumber: masala.com

Bakteri juga jadi penyebab jerawat di dagu. Bakteri bisa menempel pada kulit wajah karena debu dan polusi yang pastinya mengandung bakteri. Bakteri juga bisa berpindah dari tangan saat memegang wajah setelah memegang berbagai jenis macam benda.

5. Stres


stress
Sumber: heart.org
Stres dan banyaknya beban pikiran juga jadi penyebab tumbuhnya jerawat di dagu lho. Meski kamu sudah menjaga kebersihan wajah, tetap saja jerawat bisa muncul saat kamu sedang tertekan. Solusinya tentu hindari stres dengan berbagi beban pikiran dengan orang-orang di sekitar kamu.

6.  Obat-obatan

Obat-obatan penyebab jerawat
Sumber: edgarsnyder.com

Faktor lain penyebab jerawat di dagu adalah pengaruh dari obat-obatang yang sedang dikonsumsi. Contohnya obat-obatan yang mengandung litium, kortikosteroid atau obat hormonal seperti testoteron.

7. Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Makanan Berkarbohidrat Tinggi
Sumber: getyourguide.com

Makanan jelas juga turut menjadi penyebab tumbuhnya jerawat di wajah. Makanan tinggi karbohidrat seperti keripik, coklat dan roti berisiko menyebabkan timbulnya jerawat. Coklat meski masuk dalam daftar makanan yang bisa mengurangi stres, tapi tidak baik dikonsumsi berlebihan. Jadi, jika masalah jerawatmu masih sulit teratasi, cobalah untuk mengurangi makanan berkarbohidrat tinggi ini ya!

Itulah 7 penyebab tumbuhnya jerawat di dagu yang harus kamu tahu. Tak jarang masalah jerawat bisa membuat seseorang menjadi stres karena sangat merusak penampilan, terlebih jika jumlah jerawat pada wajah terbilang banyak. Namun, setelah mengetahui penyebabnya, kita bisa melakukan pencegahannya, bukan?
Previous
Next Post »