8 Tanda-tanda Hamil Muda yang Umum Dirasakan Calon Ibu

Tanda-tanda Hamil Muda

Kehamilan menjadi masa yang sangat dinantikan sepasang suami istri. Kehadiran seorang bayi dalam kehidupan rumah tangga selalu dinanti sebagai pelengkap keluarga. Banyak pasangan suami istri yang baru menikah merasa galau karena kehamilan yang dinanti tak kunjung datang.

Saat telah haid beberapa hari, deg-degan dan harapan berkembangnya janin di dalam rahim mulai memenuhi pikiran. Apakah telat haid saja cukup untuk menjadi tanda-tanda hamil muda? Tentu saja tidak!

Banyak hal yang menjadi penyebab telat haid, bisa saja karena stres, kelelahan, ketidakseimbangan hormon, masalah kesehatan, dan sebagainya. Lalu apa saja tanda-tanda hamil muda di awal trimester pertama?

1. Tubuh jadi Cepat Lelah


Yang dirasakan ibu hamil sebagai salah satu tanda-tanda hamil muda adalah tubuh yang menjadi mudah lelah dan lemas. Namun hal ini terkadang tidak disadari seorang wanita karena kapan saja pasti kita bisa merasakan lelah.

2. Kram Perut Ringan


Kram perut sebagai tanda-tanda hamil muda mirip dengan kram saat hendak mengalami PMS. Hanya saja kram karena implantasi embrio sebagai proses awal kehamilan ini hanya berlangsung singkat dan tidak begitu nyeri. Dan juga rasa sakit hanya dirasakan pada satu titik dimana implantasi itu terjadi. Terkadang perut juga terasa tegang pada awal hamil ini.

3. Flek atau Bercak Darah


Setelah embrio berhasil tertanam dalam rahim, maka biasanya akan muncul flek atau bercak darah. Namun tidak semua ibu hamil pula yang mengalami tanda-tanda hamil yang satu ini.

4. Payudara jadi Lembut dan Sensitif


Jika menjelang PMS payudara terasa mengencang, maka pada tanda-tanda hamil muda ini justru payudara terasa lebih lembut dan lebih sensitif dari pada biasanya. Terkadang payudara juga terasa sakit saat disentuh.

5. Sensitif Terhadap Bau


Berikutnya, tanda-tanda hamil muda di awal trimester pertama yang juga bisa dirasakan adalah indra penciuman yang mulai sensitif terhadap bau. Seperti merasa tidak suka dengan suatu aroma dan selalu merasa mual dengan aroma yang tidak disukai tersebut.

6. Merasa Mual dan Ingin Muntah


Tanda-tanda hamil muda yang sangat umum diketahui dan banyak dialami ibu hamil adalah mual dan muntah. Perasaan mual dan muntah ini dinamakan dengan morning sickness karena umumnya dialami ibu hamil pada pagi hari. Namun ada pula ibu hamil yang merasakan mual muntah selain di pagi hari.

7. Nafsu Makan Berubah


Tanda-tanda hamil muda yang juga kerap dirasakan adalah berubahnya nafsu makan. Seperti tidak menyukai makanan yang biasa difavoritkan, mengidam makanan tertentu, bahkan bisa jadi ibu hamil malah menyukai makanan yang selama ini tidak ia sukai.

8. Lebih Mudah Mengantuk


Tanda kehamilan muda lainnya yang juga umum dirasakan adalah ibu hamil lebih sering merasakan kantuk. Beriringan dengan rasa lelah yang membuat seorang ibu yang hamil muda ingin terus berbaring. 

Itulah 8 tanda-tanda hamil muda di awal kehamilan yang kerap dirasakan ibu-ibu hamil. Namun perlu diingat bahwa tidak semua ibu hamil pula yang merasakan semua tanda-tanda kehamilan ini. Bahkan ada ibu hamil yang sama sekali tidak merasakan satu pun tanda kehamilan.
Newest
Previous
Next Post »